Pengertian Usaha Pembelaan Negara

Pernahkah kalian melihat atau meraba wujud negara? Tentu kalian sulit untuk melihat atau meraba wujud negara, karena negara bersifat abstrak (in abstractor).
Namun demikian, untuk mengetahui wujud negara dapat kita telusuri dari unsur-unsur negara seperti penduduk wilayah , pemerintah , dan pengakuan. Unsur-unsur itulah yang mesti kita bela.

Dalam UUD 1945 tidak dijelaskan pengertian  usaha pembelaan negara. untuk mengetahui hal tersebut, dapat dilihat dalam UU RI Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahan negara. Istilah digunakan dalam undang-undang tersebut bukan "usaha pembelaan negara" tetapi digunakan istilah lain yang mempunyai makna sama yaitu "upaya bela negara". dalam penjelasan tersebut ditegaskan, bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kestauan republik yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Berdasarkan pengertian upaya bela negara, apakah kalian pernah ikut serta dalam usaha pembelaan negara? Apa bila kalian pernah ikut serta menjaga wilayah negara termasuk wilayah lingkungan sekitar dari gangguan atau ancaman yang membahayakan keselamatan bangsa dan negara. sikap hormat terhadap bendera , lagu kebangsaan . dan menolak campur tangan pihak asing terhadap kedaulatan NKRI juga menunjukkan suatu sikap dalam usaha pembelaan negara.

Dengan demikian pengertian usaha pembelaan negara tidak terbatas memanggul senjata, tetapi meliputi berbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara. untuk  meningkatkan kesejahteraan warga negara, misalnya dengan usaha untuk mewujudkan keamanan energi, keamanan ekonomi, misalnya, yang telah dilakukan Elan Wukak Victor, dari nusa tenggara timur merupakan usaha pembelaan negara dalam bentuk keamanan lingkungan.

Bersumber dari : buku sekolah BSE elektronik
Penulis : A.T Sugeng Priyanto
Djaenudin Harun
Anang Priyanto
Cholisin
Muchson A.R

Judul: Pengertian Usaha Pembelaan Negara; Ditulis oleh On Rico; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment